6 Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan

6 Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan

6 Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan – Daun kenikir sering dijumpai sebagai salah satu lalapan dan lalapan pecel. Meski sering menemukan dan mengkonsumsinya, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat daun kenikir bagi kesehatan karena diduga dapat mencegah penyakit tertentu seperti penyakit kencing manis dan penyakit kencing manis.

Bacaan Lainnya

Daun kenikir berasal dari Amerika Latin, tetapi juga ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Daun ini memiliki nama latin ‘cosmos caudatus’ dan dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi.

Menurut kutipan dari Alodokter, Minggu (25 September 2022), daun ini mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Kalium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Besi, Seng, Tembaga, Natrium.

Berikut Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah Penelitian menunjukkan bahwa daun kenikir memiliki sifat diuretik yang menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, daun ini aman dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Namun khasiat dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengobati darah tinggi belum diketahui secara pasti, sehingga manfaatnya sebagai obat darah tinggi belum dapat dipastikan.

2. Pencegahan dan pengobatan diabetes

Salah satu manfaat daun kenikir yang paling terkenal adalah pengobatan dan pencegahan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi karena kerja insulin tidak meningkat secara efektif.

Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir dapat meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh, mengurangi penyerapan kelebihan glukosa dalam sistem pencernaan, dan mengontrol kadar gula darah.

3. Pencegahan osteoporosis

Studi mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek positif dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, karena mengandung kalsium.

Namun, studi ini terbatas pada studi penelitian pada hewan laboratorium. Sejauh ini, belum ada studi klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Studi ilmiah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang mampu membuktikan bahwa daun kenikir efektif mengobati kanker.

5. Melancarkan pencernaan

Keunggulan daun kenikir yang satu ini adalah kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat memfasilitasi proses pencernaan dengan menyerap air di usus besar. Ini akan membuat gerakan usus Anda lebih lancar.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung karena mengandung zat antiradang.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun kenikir untuk mencegah penyakit jantung.

Cara Aman Mengkonsumsi Daun Kenikir

Daun kenikir paling banyak dikonsumsi sebagai lalapan dan banyak digunakan dalam bentuk suplemen herbal.

Jika ditangani dengan benar, daun kenikir bisa menjadi sumber nutrisi saat dikonsumsi.

  • Cuci daun kenikir di bawah air mengalir.
  • Panaskan panci berisi air dengan sedikit garam.
  • Masukkan daun kenikir ke dalam air dan rebus hingga matang.
  • Buang daun kenikir dan tiriskan.

Meskipun daun kenikir memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun perlu dicatat bahwa tidak semua manfaat daun kenikir yang disebutkan di atas didukung oleh bukti klinis yang cukup.Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efek sampingnya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kondisi medis dan ingin memanfaatkan daun kenikir sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter atau sedang menderita penyakit tertentu.

Sekian artikel Akubisa tentang 6 Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan Semoga bermanfaat.

Pos terkait