Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Akubisa – Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya. Sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing, tidur tidak nyenyak, pandangan jadi kabur dan pikiran jadi kacau. Hampir semua orang yang sudah dewasa pernah mengalamiĀ sakit gigi. Banyak hal yang menjadi penyebab sakit gigi. Berikut kami bagikan untuk anda beberapa penyebab sakit gigi dan cara mengatasinya:

Bacaan Lainnya

Radang Gusi

Radang gusi biasanya disebabkan karena infeksi yang disebabkan oleh berbagai hal seperti : malas gosok gigi atau gigi yang kotor dan banyak kuman, kurang minum air putih, menyikat gigi terlalu keras, masalah pada tulang gigi yang menyebabkan jaringan penyongkong gigi bengkak. Untuk mengatasinya biasakan menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari terlebih setelah makan dan sebelum tidur, minum air putih yang cukup, hindari menggunakan tusuk.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang cenderung memiliki banyak kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh bakteri dari hasil fermentasi karbohidrat. Untuk mencegah hal ini terjadi rajinlah membersihkan gigi dan mulut terlebih setelah mengkonsumsi makanan manis. Untuk mengatasinya segera melakukan penambalan gigi walaupun lubang tersebut masih berukuran kecil. Sebab, kemungkinan besar lubang akan semakin besar dan mengalami pembusukan sehingga dapat menembus email gigi dan merusak bagian dalam gigi.

Kawat Gigi
Bagian bawah kawat gigi atau bagian logamnya sulit dijangkau untuk dibersihkan sehingga memicu bakteri tumbuh dan menimbulkan karang yang merusak gigi dan memicu sakit gigi. Untuk mengatasinya rajin membersihkan gigi dan menggunakan obat kumur untuk membunuh kuman di mulut, jika keadaan parah segera konsultasikan dengan dokter gigi anda.

Gigi Rusak
Terjadi karena gigi berlubang yang sudah menembus email gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Rongga yang berlubang tersebut dipenuhi oleh kuman dan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi bahkan sampai mematikan jaringan pulpa dan di beberapa kasus menimbulkan nanah. Untuk mengatasinya rajin membersihkan gigi dan gunakan obat kumur bila perlu. Disarankan anda segera menambal gigi yang berlobang untuk mencegak kuman masuk atau konsultasikan dengan dokter gigi anda.

Penyakit Neuralgia Trigeminal
Sakit gigi yang disebabkan oleh penyakit saraf trigeminus dimana rasa nyerinya dapat timbul di telinga, mata, bibir, hidung, kulit kepala, dahi, pipi, gigi, atau rahang dan sisi wajah. Penyakit ini tidak mudah dikendalikan namun dapat ditangani dengan sejumlah cara pengobatan oleh dokter saraf.

Penyakit Sinusitis
Penyakit sinusitis disebabkan karena peradangan pada rongga hidung. Salah satu gejala kambuhnya penyakit ini adalah dengan sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi ini dengan mengobati penyakit sinusitisnya. Bukan berarti bahwa semua sakit gigi memiliki resiko sinusitis. Tapi ketika anda menderita sinusitis, ada kemungkinan untuk terjadi sakit gigi.

Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Herbal
Jika anda mengalami sakit gigi yang sangat mengganggu ada beberapa obat herbal yang bisa anda gunakan
dalam keadaan darurat di antaranya adalah:

Bawang putih : Letakkan satu siung bawang putih yang telah dikupas pada gigi yang sakit, didiamkan selama Ā± 5 menit lalu kumur dengan air hangat
Daun Cengkeh : Seduh dengan air mendidih beberapa lembar daun cengkeh, Basahi kapas dengan air seduhan tersebut dan tempelkan pada gigi yang sakit
Air garam : kumur-kumur dengan air hangat yang dicampur garam

Demikianlah beberapa penyebab sakit gigi dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat

 

Pos terkait