Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Akubisa – Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan. Banyak orang menyukai minuman bersoda karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, apalagi jika diminum dicampur es saat udara panas. Namun kesegaran dan rasa nikmat yang ditawarkan minuman soda tersebut tidaklah sebanding dengan dampak buruk yang di timbulkan minuman tersebut bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya

Berikut ini kami bagikan beberapa dampak buruk minuman bersoda bagi kesehatan :

 

Mengganggu sistem kekebalan tubuh

Minuman bersoda banyak mengandung zat aditif seperti pewarna, perasa dan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan. Disamping itu, berdasarkan dari penelitian ditemukan bahwa 48 % dari minuman bersoda mengandung bakteri tinja atau bakteri e-coli yaitu bakteri yang hidup dan berkembang biak di tinja/fases. Dan bakteri tesebut resist/ tahan terhadap zat antibiotik yang diujikan peneliti. Hal ini akan mengganggu sistemĀ kekebalan tubuh.

 

Membahayakan ginjal

Zat pemanis buatan, pewarna dan pengawet pada minuman bersoda dapat mengakibatkan kerusakan ginjal

 

Meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes

Minuman bersoda bahkan soda diet sekali pun, berisiko memicu penyakit jantung dan diabetes. Orang dewasa yang minum satu kaleng atau lebih minuman soda sehari memiliki resiko 50% lebih besar mengalami sindrom metabolik (serangkaian faktor risiko, seperti kelebihan lemak di area pinggang, kadar kolesterol baih HDL rendah, tekanan darah tinggi dan gejala lainnya)

 

Meningkatkan resiko obesitas

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda menimbulkan dampak obesitas bagi yang mengkonsumsi. Dalam 1 kaleng minuman bersoda bisa mengandung hingga 12 sendok teh gula, hal ini dapat memicu diabetes gestasional pada ibu hamil

 

Meningkatkan resiko tulang rapuh

kandungan asam fosfat pada minuman bersoda dapat meningkatkan resiko tulang rapuh karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

 

Menyebabkan kerusakan pada gigi

Kandungan gula buatan, zat pewarna dan pengawet akan merusak gigi. Tidak hanya itu, kandungan asam fosfat pada minuman bersoda juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

 

Memicu Penuaan Dini

Selain merusak jantung, ginjal, tulang dan gigi, kandungan fosfat pada minuman bersoda juga dapat merusak jaringan kulit dan otot.

 

Menyebabkan ketergantungan pada kafein

Minuman bersoda mengandung kafein. Sejak dulu kafein dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. walaupun kafein memiliki efek positif bagi tubuh, namun efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Kafein dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti susah tidur, jantung berdebar, darah rendah dan lain-lain.

 

Pos terkait