Mengenal Batuk Berdahak dan Penyebabnya

Mengenal Batuk Berdahak dan Penyebabnya. Bila batuk dan disertai dengan lendir atau dahak, itu adalah tanda bahwa tubuh ada infeksi di paru-paru.

akubisa.web.id – Mengenal Batuk Berdahak dan Penyebabnya. Bila batuk dan disertai dengan lendir atau dahak, itu adalah tanda bahwa tubuh ada infeksi di paru-paru. Batuk berdahak dapat disebabkan oleh hal-hal yang berbeda seperti alergi, pilek, infeksi bakteri atau penyebab merokok. Batuk berdahak paling sering terjadi di pagi hari.

Bacaan Lainnya

Bronchitis, alergi atau asma adalah kondisi di mana tubuh membangun banyak lendir. Merokok adalah salah satu alasan paling umum mengapa orang batuk berdahak. Orang yang banyak merokok biasanya bila batuk berdahak yang berwarna coklat dan terlihat menjijikkan.

Merokok juga membunuh silia yang melapisi paru-paru, sehingga sulit untuk mengeluarkan batuk. Jika sudah batuk berdahak coklat atau abu-abu berwarna, itu berarti bahwa tubuh berteriak untuk meminta berhenti merokok.

Dahak sebenarnya baik untuk kita. Dahak ini membedakan besarnya atau tingkat keparahan kondisi tubuh. Dahak terutama terdiri dari lendir, bakteri dan virus mati, sel-sel darah putih yang mati, dan berbagai jaringan dan sel.

Perbedaan antara dahak dan lendir lainnya adalah dahak yang berasal dari paru-paru, bukan dari hidung. Memperbaiki infeksi akan membantu mengurangi akumulasi lendir dan dahak.

Ada penyebab yang berbeda dari sekresi lendir. Berlebihan dari pita suara juga merupakan penyebab umum dari dahak. Ketika sakit, tubuh dan saluran udara mencoba untuk melepaskan bakteri melalui dahak. Dahak sebenarnya salah satu zat yang tubuh keluarkan secara rutin.

Berikut adalah beberapa hal mengapa seseorang mungkin menderita batuk berdahak:

  1.   Kondisi dingin.
  2.   Radang tenggorokan.
  3.   Bronchitis.
  4.   Tuberkulosis
  5.   Merokok.

Ekspektoran adalah obat yang dapat digunakan untuk membersihkan dan melonggarkan lendir dan dahak pada saluran pernapasan. Jangan mengambil penekan batuk. Jika menggunakan penekan batuk atau apapun yang menghambat kemampuan untuk batuk, memungkinkan produksi dan penumpukan lendir dan dahak pada tubuh karena pada dasarnya sudah menutup mekanisme tubuh untuk mengusir mereka.

Banyak cairan yang membantu melonggarkan setiap dahak, keras lengket. Meludah, dahak keluar, jangan menelannya. Di antara banyak komponen yang membentuk dahak adalah zat seperti imunoglobulin dan glikoprotein yang membantu tubuh melawan infeksi. Dahak normal biasanya jernih dan putih. Dahak kehijauan berarti bahwa pasti ada infeksi dalam tubuh. Dahak kecoklatan dapat menjadi tanda infeksi, serta gejala merokok terlalu banyak, karena resin yang menempel dahak.

Pos terkait