Relaksasi untuk Ibu Hamil

Relaksasi untuk Ibu Hamil

Akubisa – Relaksasi untuk Ibu Hamil. Masa-masa kehamilan adalah saat yang paling membahagiakan bagi seorang wanita. Merasakan detak kehidupan yang berkembang di dalam rahim, mampu mendatangkan berjuta rasa bahagia. Tetapi tak jarang kehadiran bayi di dalam perut ibu juga mendatangkan beban fisik yang tak sedikit. Rasa mual yang dirasakan di awal masa kehamilan, diikuti dengan bertambahnya berat badan dan perubahan fisik serta emosional lainnya bisa memjadi beban bagi ibu hamil. Karena itu melakukan relaksasi saat hamil sangat diperlukan agar kondisi fisik dan emosional calon ibu tetap terjaga.

Bacaan Lainnya

 

Melakukan olahraga secara teratur adalah salah satu cara relaksasi saat hamil. Tentu olahraga yang dipilih harus sesuai dengan kondisi fisik ibu. Mengikuti senam hamil di klinik atau ruma sakit bersama-sama ibu hamil lainnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Selain melakukan olahraga yang bersifat fisik, para ibu juga bisa bersosialisasi.

 

Kram sering dialami oleh ibu hami saat usia kehamilan sudah besar. Rasa sakit akibat kejang otot saat kram ini tentu terasa sangat mengganggu. Untuk mencegah datangnya kram, ibu hamil disarankan untuk menyangga kaki dengan bantal saat duduk atau tidur hingga posisinya sejajar atau lebih tingi dari badan.

 

Mendengarkan musik tak hanya bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan bayi. Musik juga mampu memberikan efek relaksasi bagi calon ibu. Relaksasi jenis ini pun sangat praktis karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

 

Bertambahnya berat badan ibu dan bayi di dalam perut membuat fisik ibu lebih cepat merasa pegal dan lelah. Memilih terapi pijat tentu tak dilarang. Asalkan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kondisi fisik. Bahkan setelah melakukan pijat biasanya calon ibu akan kembali merasa fit dan bugar. Spa khusus untuk ibu hamil bisa dipilih sebagai salah satu cara melakukan relaksasi.

 

Cukup beristirahat dan tidur juga termasuk dalam kegiatan-kegiatan relaksasi saat hamil. Berbaring di sofa atau kasur yang empuk mampu membuat otot-otot kaki beristirahat, setelah berjam-jam bekerja keras menyangga tubuh ibu.

Pos terkait