Fungsi Karbohidrat untuk Anak

Fungsi Karbohidrat untuk Anak

akubisa.web.id – Fungsi Karbohidrat untuk Anak. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan diproses untuk menghasilkan kalori. Nah, kalori itu dimanfaatkan tubuh untuk melaksanakan berbagai aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua karbohidrat baik untuk kesehatan? Ada karbohidrat yang justru memicu masalah bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Risikonya termasuk obesitas, diabetes, dan masalah jantung.

Pada dasarnya, ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Perbedaannya terletak pada struktur molekul gula di dalamnya. Karbohidrat sederhana memiliki rantai molekul gula yang pendek sehingga mudah dan cepat dicerna oleh tubuh, sedangkan karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul gula yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

Berikut ini adalah beberapa fungsi karbohidrat bagi kesehatan dan perkembangan anak, antara lain:

1. Sumber energi utama bagi tubuh

Seperti yang sudah disebutkan ya Bu, fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Asupan makanan yang mengandung karbohidrat akan dipecah menjadi gula di dalam tubuh, kemudian diserap oleh sistem pencernaan dan masuk ke aliran darah.
Dengan bantuan peran hormon insulin, gula dalam darah akan masuk ke sel-sel tubuh dan diolah menjadi energi. Hormon insulin merupakan bagian penting dari sistem metabolisme tubuh. Tanpa kehadiran hormon insulin, sel-sel tubuh akan kekurangan energi dan harus mencari sumber pengganti.

Sedangkan kelebihan gula atau glukosa dalam tubuh akan disimpan di otot dan hati sebagai glikogen (bentuk cadangan glukosa yang akan digunakan tubuh sebagai energi). Jika sama sekali tidak digunakan, glukosa akan diubah menjadi lemak.

2. Kendalikan berat badan Anda

Banyak yang mengira bahwa semua jenis makanan yang mengandung karbohidrat bisa menambah berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa sumber karbohidrat ternyata bisa mengendalikan Anda untuk menurunkan berat badan?
Nah, untuk mendapatkan fungsi karbohidrat ini, Anda bisa memberikan anak Anda makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, ubi jalar, jagung, talas, singkong, pasta gandum, kacang-kacangan, dan sayuran.
Fungsi karbohidrat ini bisa didapatkan karena makanan ini kaya akan serat sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengontrol berat badan.

3. Mencegah berbagai penyakit

Fungsi karbohidrat tidak kalah penting, yaitu untuk mengurangi risiko berbagai penyakit pada tubuh si kecil. Melansir laman healthline.com resmi, fungsi karbohidrat ini didukung oleh kandungan serat di dalamnya yang mampu mengurangi risiko gangguan pencernaan, penyakit jantung, dan obesitas.
Agar fungsi karbohidrat ini lebih optimal, Anda bisa memberikan si kecil sumber karbohidrat yang kaya serat, seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, kentang, ubi jalar, dan biji-bijian.

4. Penentu indeks glikemik

Perlu Anda ketahui, indeks glikemik merupakan indikator untuk menilai seberapa cepat karbohidrat atau gula dari makanan dapat diserap ke dalam tubuh. Fungsi karbohidrat berperan sebagai penentu indeks glikemik dalam tubuh.
Artinya, semakin tinggi angka indeks glikemik suatu makanan, maka semakin cepat makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, makanan dengan angka indeks glikemik rendah akan dicerna lebih lambat oleh tubuh dan tidak membuat gula darah cepat naik.
Jika anak Anda terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman dengan angka indeks glikemik tinggi secara berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Beberapa jenis makanan dan minuman dengan indeks glikemik tinggi antara lain nasi putih, roti tawar, kue manis, coklat, dan minuman ringan.

Karbohidrat baik untuk tubuh si kecil. Namun, ibu juga perlu menyeimbangkan asupannya dengan jenis nutrisi lain, seperti protein, lemak, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh lebih sempurna.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, asupan karbohidrat yang dianjurkan untuk anak usia 4-6 tahun adalah sekitar 220 gram per hari agar fungsi karbohidrat bagi tubuh bisa terasa lebih optimal.

Nah, si kecil juga bisa mendapatkan fungsi karbohidrat untuk kesehatan dan pertumbuhan dari Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena susu pertumbuhan ini mengandung total 24 gram karbohidrat per takaran saji.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung serat pangan inulin yang dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan si kecil. Perlu Bunda ketahui bahwa menjaga kesehatan saluran pencernaan anak sangat penting karena sekitar 80% sel kekebalan tubuh terdapat di saluran pencernaan, sehingga kesehatan pencernaan si Kecil sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Selain memberikan ASI, penting bagi ibu untuk memberikan makanan kaya karbohidrat seimbang, berikut beberapa sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi si kecil, antara lain:

• Kentang

Selain nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh anak-anak. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai menu makanan yang enak, seperti mashed potato yang dipadukan dengan daging ayam, beef team potato, french fries, dan lain sebagainya.

• Ubi

Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa menjadi pilihan menu makanan anak. Di balik rasanya yang manis, ubi jalar bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan jantung. Bunda bisa mengolahnya menjadi kue bolu ubi, pie ubi, dan kue ubi.

Pos terkait